Belajar dan Bergembira Bersama Siswa-Siswi di Pelosok Garut

SF-UPDATES,-- Awan bergulung rendah dari puncak tebing hingga lembah di bawah. Melewati pedesaan kecil yang jauh dari keramaian kota besar. Sungguh pemandangan elok yang tak pernah dijumpai. Sebagian pemandangan itu mewarnai perjalanan tim Sinergi Foundation (SF) yang berkolaborasi dengan Teacher Learning Center (TLC) sambangi SMP dan SMA Muhammadiyah 2 Talegong, Kampung Datar Kibawang, Kabupaten Garut, Rabu (15/11/2017).

Tak main-main, untuk sampai di sekolah yang terletak antara perbatasan Pengalengan dan Garut itu, tim diharuskan melalui jalan setapak yang hanya bisa ditempuh dengan menaiki motor atau berjalan kaki, ditambah di sisi kanan membentang jurang yang dialiri sungai dangkal. Jalan yang dibangun atas dasar gotong royong warga itu tidaklah semulus jalanan beton di perkotaan. Untuk mengatasi tanah pegunungan yang gembur sehingga dapat dilalui roda, warga berinisiatif mengalasi dengan bebatuan sungai kasar.

Sayangnya, di musim penghujan ini, air menyapu deras hingga menjadikan susunan batu tak lagi sempurna. Genangan air bercampur lumpur cukup membuat adrenalin naik dan menyebabkan perasaan cemas. Wajar saja, bahaya tanah longsor kerap menghantui. Belum lagi ketika motor dipaksa untuk mendaki tanjakan terjal di atas bebatuan licin, tak pelak, salah satu motor ojek hingga mengalami kerusakan pada kabel kopling.

Alhamdulillah, kerusakan dapat diatasi dan perjalanan dilanjutkan hingga mencapai lokasi. Di masjid SMP dan SMA Muhammadiyah 2 Talegong, telah duduk anak-anak dari berbagai kelas. Dengan antusiasme tinggi, mereka mengikuti pelatihan pemulasaraan jenazah yang disampaikan oleh tim Firdaus Memorial Park. Materi disampaikan seatraktif dan sesederhana mungkin agar dapat dipahami.

Tak selesai sampai di sana, kegiatan ditutup dengan penyaluran seragam olahraga dari donasi para donatur di SF. Sebanyak 100 pasang pakaian olahraga dibagikan pada sekolah yang pernah memperoleh bantuan pembangunan ruangan perpustakaan oleh SF di tahun 2014 silam ini. Irfan Permana, siswa SMP Muhammadiyah 2 Talegong, mengaku senang mendapat bantuan seragam olahraga. “Selama ini kalau olahraga ya pakai baju seragam putih biru, jadi sekarang kalau olahraga bisa ganti baju.”

Kepala Sekolah SMP dan SMA Muhammadiyah 2 Talegong, Aep Mulyadi, amat mengapresiasi penyaluran bantuan yang diberikan SF. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan kepada kami. Bukannya kami ingin menggantungkan diri kepada SF. Saat ini, kami juga tengah berbenah diri dengan mendirikan bangunan kelas yang baru, tapi memang tak dapat dipungkiri bahwa masih ada fasilitas yang kurang bagi siswa. Oleh karenanya, kami amat bersyukur dengan bantuan seragam yang diberikan untuk para siswa ini. Terima kasih Sinergi Foundation.” []