Frequently Asked Question | Firdaus Memorial Park

FAQ tentang Program Taman Wakaf Pemakaman Muslim “FMP”

a. Apa itu Firdaus Memorial Park?!

FMP adalah Komplek Taman Wakaf Pemakaman Muslim, yang didalamnya juga dibangun Masjid dan Pesantren Tahfidz. Pemakaman Muslim di FMP dikelola dengan Konsep Asri, Nyaman, Ramah Lingkungan dan Sesuai Syariah.

b. Dimana Lokasinya?

Lokasi disamping Tol Purbaleunyi KM. 105,600 – 107,300. Atau tepatnya di Desa Ciptagumati Kec. Cikalong Wetan Kab Bandung Barat.

Akses masuk => dari pintu tol mana saja masuk tol purbaleunyi keluar pintu TOL Cikamuning, kurang lebih 13 KM sampai di areal Perkebunan teh Panglejar - PTPN 8 bagian Maswati. Masuk dari gerbang PTPN bag. maswati kurang lebih 800 M – 1 KM. Lokasi FMP ditengah perkebunan teh PTPN 8 sampai samping tol purbaleunyi.

c. Berapa luasnya?

Dari lahan yang ada, insya Allah Firdaus Memorial Park dan fasilitas lainnya akan memanfaatkan lahan seluas 21 hektar. 10 hektar untuk memorial/ pemakamannya, 10 hektar untuk masjid, pesantren dan kegiatan usaha wakaf produktif seperti fasilitas pengunjung, peternakan dan pertanian.

d. Bagaiman jika ingin berpartisipasi dalam Program FMP dan apa saja yang saya dapat jika menjadi donator/wakif?

Bapak/ Ibu calon wakif dapat berpartisipasi dengan 2 jenis partisipasi:

1. Partisipasi suka rela, bisa memberikan berapapun donasinya untuk mendukung program tsb, insya Allah donasi bpk/ibu akan dicatat sbg amal jariah yg pahalanya akan terus mengalir.

2. Pasrtisipasi min. 15 juta + 10% Infaq Operasional(Rp. 1.500.000), bpk / ibu wakif selain berwakaf untuk program tsb juga berhak atas 2 kavling lahan ukuran 2x1 meter, turut berwakaf untuk kavling dhuafa, wakaf produktif dan program sosial lainnya

e. Bagaimana dengan pemulasaraan dan pengantaran jenazah?!

FMP juga memfasilitasi mulai dari pemulasaraan, pengantaran, hingga mengebumikan tanpa dipungut biaya/ biaya tambahan. Dengan mobil Jenazah dari wakaf, kami siap 24 jam melayani bukan hanya untuk wakif tapi juga masyarakat Muslim secara umum, GRATIS!

f. Apakah ada biaya pemeliharaan perbulan atau pertahunnya?!

Insya Allah tidak ada. Pemeliharaan kita gunakan dari pengelolaan dana wakaf produktif yg ada.

g. Berapa jenazah (kapasitas) yang bisa dikuburkan di Komplek FMP?

Kami hanya membatasi max 5000 wakif  = 10.000 kavling. Dhuafa kurang lebih dengan jumlah kavling yang sama. Satu Kavling bisa digunakan untuk 3 jenazah.

h. Apa yang dimaksud 1 kavling/ lahan untuk 3 jenazah?

Kita mengikuti konsep di Pemakaman Baqi’, pemakan sahabat Nabi yang mana 1 lubang bisa di isi berulang kali. Missal jenazah pertama 2 meter, kedua 1.4 dan terakhir 1.2 meter, dan bisa lebih jika sudah melalui beberapa puluh tahun dan jenazah sudah menyatu dg tanah, yang mana ini juga sebagai solusi agar lahan pemakaman tidak semakin meluas.

i. Berarti satu lubang nanti apakah bercampur?

Betul, tetapi untuk muwakif, hak dua kavling dan penggunaan berulang (di isi ulang) hanya sebatas keluarga besar muwakif dan atas izin keluarga muwakif sendiri.

j. Bagaimana jika saya ingin berwakaf 16.5 juta tapi belum mampu untuk berwakaf tunai?!

Wakaf untuk program FMP bisa melalui layanan tabungan wakaf (bukan cicilan) sampai nilainya 16.500.000, dan tidak mengikat missal 500 ribu atau 1 juta/ bulan, tetapi saat ada rizqi lebih bisa 2 juta dst, yg pasti sampai nilainya 10 juta. Setelah mencapai nominal 10 juta sebagaimana yang diniatkan, muwakif diberikan sertifikat wakaf tunai.

k. Kita kan tidak tau umur, bagaimana jika dalam masa menabung belum sampai Rp. 16.500.000 wakif meninggal? Apa bisa dimakamkan disana?

Bisa. Kami siap membantu dari proses pemulasaraan hingga pemakamannya tanpa harus menunaikan niat 16.5 jutanya terlebih dahulu. Namun jika ahliwaris/ keluarga ingin melanjutkan niat baik almarhum berwakaf melalui lembaga kami, maka itu dianjurkan. Insya Allah sebagai pahala/ kebaikan bagi almarhum dan keluarga sendiri. Jika tidakpun tidak masalah dan bukan sebagai hutang.

l. Apakah bisa saya memilih kavling?

Karena FMP konsepnya adalah wakaf dan bukan jual beli kavling, maka kami tidak bisa memplotting kavling ini milik A milik B dan seterusnya. Menurut kami yang lebih berhak atas kavling yang ada adalah yang meniggal terlebih dahulu. Artinya penggunaan kavling berdasarkan “antrian” yang lebih dahulu datang (tidak memilih).

Namun khusus untuk muwakif, jika ada salah satu keluarga meninggal dan dikebumikan di FMP,  dipastikan kavling sebelahnya dikosongkan untuk suami/istri / keluarga lainnya.

Selain itu Insya Allah Blok kavling donator dan dhuafa akan dipisah.